Setiap permainan yang dilakukan di dalam ruangan atau permainan anak indoor, maupun yang dilakukan di luar ruangan pastilah memiliki makna tersendiri. Ada pesan yang disampaikan dari sebuah permainan. Yang diharapkan lewat permainan tersebut seorang anak akan menjadi pribadi yang lebih baik serta mengalami pertumbuhan akan sensorik dan motoric sesuai perkembangannya.

Banyak permainan anak yang dibuat khusus indoor yang dapat dilakukan oleh instruktur. Terdapat juga varian alat peraga sesuai usia anak.

Yuk kita lihat beberapa diantara permainan anak indoor, yang disertai makna dari permainan tersebut serta hasil yang akan dicapai lewat permainan tersebut :

  • Alat permainan pembangunan

Makna yang terkandung pada alat peraga yang dimainkan indoor ini adalah mengarahkan anak agar memikirkan cara agar alat-alat yang diberikan dapat menghasilkan sebuah bangunan, atau setidaknya apa saja yang dapat dibentuk. Disini anak juga akan mengenal warna, ukuran serta kesesuaian bentuk dari alat yang akan digabung-gabungkan tersebut. sosial emosional, motorik halus, pengembangan kognitif serta efisien waktu. Alat peraga berupa balok, mata, roda, dsb.

  • Gelas bertingkat

Anak dibagi dalam beberapa kelompok dan diberi sejumlah gelas plastik yang sangat ringan secukupnya. Setiap kelompok harus mampu menyusup semua gelas hingga membentuk kerucut keatas. Terkadang sedikit saja angina maka bangunan gelas akan tumbang. Maka strategi yang kompak diperlukan agar tim bisa menang. Anak yang satu memikirkan celah untuk meletakkan gelas agar tidak rubuh, sementara anak yang lain melihat keseimbangan bangunan gelas. Permainan anak indoor ini dapat dimainkan mulai usia 10 tahun.

  • Melukis dengan instruksi

Setelah dibagi dalam beberapa kelompok, maka seorang anak dari setiap kelompok ditutupi matanya dan bertugas sebagai tukang gambar. Gambar yang dibuat berdasarkan arahan teman-temannya. Anak harus jeli dalam mengenal suara teman dari kelompok yang sama. Ketelitian dan kejelian sangat dibutuhkan. Suara gaduh teman-teman yang berteriak membuat anak harus berkonsentrasi penuh. Dalam membuat gambar tentunya anak harus membuat perkiraan jarak dalam menggambar dengan menggunakan jari nya sebagai skala.

Merupakan tugas mulia dari seorang guru dalam membentuk kepribadian dan karakter anak, terlebih membentuk bakat anak sejak dini. Hal ini diperlukan agar pendidikan dan pengasahan bakat anak dapat terfokus sejak usia kanak-kanak. Hingga pendidikan anak tanpa menjadi lebih terarah. Dalam arti anak hanya mempelajari segala sesuatu yang mengasah kemampuannya yang telah ada. Tanpa membuang banyak waktu dan energy sang anak dalam mempelajari hal-hal yang diluar tersebut.

Jadilah bagian dalam membangun negeri dengan membekali penerus generasi bangsa ini dengan permainan anak indoor yang mengedukasi dan mengarah langsung pada kebutuhan tumbuh kembang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *