Rangka atap baja ringan taso memerlukan kuda-kuda untuk bisa menopang beban berat kerangka yang terdapat pada bagian atas. Kuda-kuda ini sendiri merupakan istilah lain dari pertahanan dan juga penopang yang kuat dengan jarak yang pas. Fungsi kuda-kuda ini sendiri sebagai penopang dan penyalur gaya tekanan beban. 

Manfaat Menggunakan Kuda-kuda

Kuda-kuda yang memiliki peran sebagai alat penahan desakan pada style untuk memberi pegangan setiap sisi yang lebih kuat. Manfaat lain yang didapat yaitu dengan pemasangan kuda-kuda pada baja ringan taso juga berfungsi sebagai penghubung balok satu dengan yang lain. Hal ini diperlukan tiang tengah atau ander sehingga pemasangan menjadi lebih efisien. Dan fungsi selanjutnya merupakan penahan gaya tarik pada setiap balok.

Cara Merakit Kuda-Kuda 

  1. Seimbangkan ring dengan blok secara tepat agar stabil.
  2. Rakit kerangka web sesuai dengan tata cara pemasangan agar tidak terjadi kesalahan.
  3. Kemudian sambungkan kembali kerangka web yang telah selesai dengan ring blok yang ada.
  4. Siku yang dipasangkan harus sesuai dengan pemasangan yang dilakukan pada reng
  5. Jika yang digunakan adalah seng dari tanah liat maka pemasangan harus dengan cara menumpunya pada satu titik agar tidak terjadi kerusakan pada baja ringan taso. 
  6. Untuk genteng metal maka pemotongan perlu dilakukan di atas apabila terdapat kelebihan.
  7. Kemudian pasangkan nok, talang dan juga lisplang sebagai pelengkap.
  8. Untuk mengencangkan kuda-kuda sebaiknya menggunakan plat L dengan ring balok dengan tambahan dynabolt dan balok lainnya untuk menopang rangka atap baja ringan Taso dengan kuat. Hal ini juga berguna agar posisinya tidak berubah-ubah. 
  9. Periksa kembali kuda-kuda dengan mengecek kembali ketahanannya agar tidak terjadi kesalahan yang berdampak buruk dikemudian hari.

Hal-hal Sebelum Memasang Kuda-kuda

  1. Pengukuran kuda-kuda harus dilakukan secara benar dan tepat. Ukuran dari kuda-kuda ini harus diperhatikan mulai dari tingkat kerapatan dan kepadatan. Semakin padat dan rapat pada penyusunan maka kerangka akan semakin kokoh dan kuat dalam menopang. Dalam pengukuran perlu memperhatikan ketebalan dan juga panjang genteng yang digunakan. Jika menggunakan gording maka patokan self drilling biasanya berkisar 12-14×20 meter 
  2. Posisi reng atau batten harus diatur sedemikian rupa agar jarak tidak terlalu rapat. Jarak pada posisi reng ini berkisar 10-16×16 dilakukan agar tidak menimbulkan kelebihan atau kebesaran pada dimensi reng taso.
  3. Jarak tumpu perlu disesuaikan dengan kisaran ukuran 23 meter dengan referensi berdasarkan pengetahuan pembangunan. Saat ini telah tersedia software rangka atap baja ringan taso dengan nama SAP2000 yang mampu meringankan Anda saat mengukur jarak tumpu yang lebih tepat. Software ini dapat dijalankan pada perangkat yang tersedia dan memadai dengan pengoperasian yang lebih mudah. Pengukuran jarak tumpu pada kuda-kuda baja ringan taso merupakan hal yang penting untuk ketahanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *