Solar home system (SHS) merupakan salah satu teknologi yang dipercaya dapat menghemat energi listrik Indonesia yang semakin menipis. Mengapa? Sebab, sumber utama dari energi ini sangat berlimpah, yaitu sinar matahari. Terlebih di Indonesia, di mana sinar matahari selalu tersedia sepanjang tahun. Tak heran jika kemudian banyak masyarakat yang melirik untuk menggunakan teknologi tersebut. Tidak hanya itu, pemerintah juga mulai menggalakkan penggunaannya untuk mengatasi permasalahan semakin menipisnya persediaan energi listrik. Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika memasang energi tenaga surya di rumah.

  1. Energi yang Dibutuhkan Gratis

Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan sumber energi dari teknologi ini. Tuhan sudah memberikannya secara gratis, yaitu sinar matahari. Dengan menampung sinar matahari semaksimal mungkin pada waktu siang hari, maka Anda dapat menggunakannya sebagai energi listrik di malam harinya. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar tagihan listrik seperti jika menggunakan energi listrik dari PLN seperti saat ini.

  1. Ramah Lingkungan

Karena tidak memancarkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbondioksida, maka solar home system ini dipercaya sangat ramah lingkungan. Penggunaannya juga tidak akan mengganggu kebersihan dari udara yang ada di sekelilingnya. Tidak hanya itu, polusi suara pun tidak akan ada seperti halnya suara genset yang digunakan pada saat listrik mati.

  1. Mendapatkan Insentif

Tidak hanya dapat menghemat tagihan listrik, menggunakan panel surya justru akan mendapatkan insentif dari pemerintah. Saat ini, pemerintah memang sedang menggalakkan penggunaan panel surya untuk mengatasi semakin menipisnya tenaga listrik negara. Oleh karena itu, agar program pemerintah ini menarik masyarakat, maka insentif akan diberikan bagi masyarakat yang memasang panel surya di rumahnya. Untung, bukan?

  1. Tahan Lama

Masa pakai dari alat ini sangatlah panjang, bahkan mencapai 25–30 tahun. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya penggantian alat akibat kerusakan dalam jangka waktu yang lama. Ini artinya, penghematan biaya energi bisa Anda lakukan setiap saat.

  1. Instalasi Mudah dan Fleksibel

Alat ini dapat dipasang di mana saja dan dapat dipindahkan sesuai kebutuhan penggunanya. Cara pemasangannya pun cukup mudah. Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk melakukan pemasangan. Bahkan, peralatan yang digunakan pun cukup sederhana, sehingga siapa saja bisa melakukannya dengan cepat dan tepat.

  1. Sistem Pengoperasiannya Mudah

Tidak hanya pemasangannya yang mudah, cara pengoperasiannya pun tak kalah mudahnya. Sebab, alat ini tidak menggunakan bahan bakar apa pun, maka tidak diperlukan pengoperasian khusus. Setelah dipasang, Anda cukup menunggu hingga sinar matahari terkumpul dan akan diubah sendiri oleh solar home system menjadi energi listrik yang dapat Anda gunakan di malam harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *