Dengan semakin maraknya bisnis online seperti sekarang ini, mau tidak mau, sistem pembayaran yang dilakukan juga harus lebih dikembangkan. Maksudnya disini proses transaksi pembayaran harus dilakukan secara lebih cepat, dan praktis, baik dilakukan oleh pihak penjual,atau juga pihak pembeli. Dari sinilah mulai hadir perusahaan payment gateway.    

Perusahaan Payment Gateway

Payment gateway sendiri adalah sistem transaksi online yang orientasinya lebih ke mempermudah proses pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, pembayaran langsung, transfer antar bank, dan yang lainnya. Dengan menggunakan sistem enkripsi data nomor, pada kartu kredit atau bahkan kartu debit, yang dilakukan oleh payment Processor, membuat transaksi pembayaran Anda jadi lebih cepat, aman dan nyaman untuk dikerjakan.

Jadi jelas sudah bahwa perusahaan payment gateway ini memang memegang peranan penting, agar proses transaksi pembayaran online ini jadi lebih mudah dan juga cepat.

Cara kerja payment gateway

Adapun cara kerja dari payment gateway ini sendiri tidak sulit. Bahkan bisa dikatakan sangat singkat. Karena intinya adalah menghubungkan data transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pihak penjual dan pihak pembeli, secara online.

  • Mulai dari pihak konsumen yang akan melakukan transaksi secara online di sebuah toko online. Dimulai dari memilih produk, hingga menentukan metode pembayaran yang akan dilakukan, hingga akhirnya proses check out.
  • Berikutnya pihak toko online akan mengirimkan data pembelian yang dilakukan konsumen ke perusahaan payment gateway. Ketika konsumen selesai melakukan pembayaran, maka transaksi tersebut akan dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan yang digunakan.
  • Berikutnya pihak perbankan akan memproses transaksi. Bisa saja ditolak, jika ada kesalahan pembayaran atau bahkan ada data yang salah.
  • Lalu penyedia payment gateway akan mengirimkan pesan pada toko online, tentang berhasil tidaknya transaksi pembayaran tersebut.
  • Pihak institusi keuangan akan menerima pembayaran dari transaksi yang konsumen lakukan, lalu meneruskannya pada pihak toko online.

Standar keamanan yang diberikan

Untuk masalah standar keamanan yang ditawarkan oleh pihak payment gateway, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Setidaknya ada 3 sistem standar yang dilakukan, yaitu :

  • Address Verification System (AVS)

Ini adalah alat atau tool yang mampu melihat rincian tagihan dari pihak pelanggan / konsumen. Lalu diperiksa dan diselesaikan dengan alamat kartu yang memang sudah resmi terdaftar.

  • Card Security Code (CV2)

Setiap proses transaksi atau juga pembayaran yang dilakukan oleh pihak konsumen atau pelanggan, biasanya akan diawali dengan meminta 3 digit terakhir dari bagian belakang kartu debit atau kartu kreditnya.

  • 3D Secure Password

Alat atau tools yang satu ini, akan digunakan sebagai alat untuk mengotorisasi pembayaran atau juga transaksi online yang sedang dijalankan.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perusahaan payment gateway seperti ini, membuat sistem pembayaran jadi jauh lebih cepat, praktis, aman dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *